QuiQui, Komunitas Perajut Makassar

Saya beruntung, di Makassar ini, akhirnya saya punya teman-teman baru. Teman-teman yang berbagi minat yang sama dengan saya : crochet. Kami menamakan komunitas kecil kami ini QuiQui. Konon katanya, nama itu berasal dari bahasa Bugis, yang berarti merenda, atau crochet. (Saya orang Jawa, dan tidak tahu bahasa Bugis, jadi tolong dikoreksi kalau salah, hehe..). Berdiri sejak November 2011 (kalau tidak salah, hehe).

Saya baru bergabung secara online di grup mereka di Facebook akhir Desember, tapi baru sempat bertemu sekitar bulan Februari. Komunitas ini bukan hanya untuk crochet, tapi knitting, juga yubiami. Pokoknya yang kategorinya merajut.

Logo Komunitas QuiQui

Kami berkumpul tiap minggu di Kampung Buku, setiap hari minggu sore. Terbuka bagi siapa saja yang berminat untuk merajut, dari pemula, sampai yang sudah bisa menghidupi diri sendiri dari rajutan. Kebanyakan sih perempuan, tapi ada juga laki-lakinya kok. Kami berkumpul untuk berbagi cerita, berbagi tips dan trik merajut, berbagi pola, saling belajar-mengajar merajut, pamer karya terbaru, sampai belanja benang dan alat rajut.

Setiap minggu pertama atau kedua tiap bulan, kami piknik. Selama ini sih piknik diadakan di Fort Rotterdam. Selain karena tempatnya enak untuk piknik, disana juga banyak orang yang datang, jadi bisa sekalian promosi.

Suasana piknik Komunitas QuiQui. (Foto: Ni Nyoman Anna)

Bulan Juni mendatang, kami berencana mengadakan acara Pra FRI 2012 (Festival Rajutan Indonesia). Puncak kegiatan FRI diadakan di Bandung tanggal 30 Juni-1 Juli. Nah, kami mengadakan acara Pra FRI seminggu sebelumnya. Rencananya, kami akan melakukan Yarn Bombing. Kami akan membuat grafitti dari rajutan. Kami akan membungkus sebuah pohon mangga dengan rajutan dari benang warna-warni. Ini yang pertama dilakukan di Makassar. Dan kami sangat bersemangat! Jadi, doakan kami ya…

Posted by Ayi Prima / Saturday, 13 July 2013 / http://ayicraftycraft.blogspot.co.id/2013/07/quiqui-komunitas-perajut-makassar.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *