KOMUNITAS MERAJUT QUIQUI: SENI MERAJUT ALA ANAK MUDA MAKASSAR

komunitas quiqui
photo, int | illustration, enigma

ADAPADA.COM – Yang muda yang berkarya. Sepertinya kalimat itu tepat untuk komunitas yang satu ini. Walaupun mereka bergelut dalam aktivitas yang biasanya dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk menghabiskan waktu luang, komunitas ini justru menggelutinya sebagai kegiatan berkreativitas dengan nilai seni yang tinggi.

Komunitas ini bergelut dalam dunia merajut. Kegiatan merajut umumnya memang dikenal sebagai aktivitas yang dilakukan oleh kaum Hawa, tetapi berbeda di dalam komunitas ini. Seni yang sudah ada sejak abad ke-18 yang dibawa oleh para pedagang Gujarat tersebut, saat ini mulai digemari berbagai kalangan, termasuk para pria juga bisa turut nimbrung dalam komunitas yang dikenal dengan nama Quiqui ini.

Komunitas Quiqui adalah komunitas merajut asal Kota Makassar. Quiqui sendiri berasal dari bahasa Bugis yang berarti merajut. Hal ini sebagaimana yang dituturkan oleh Dede, salah satu anggota Komunitas Quiqui yang Adapada temui di kampus UNM saat mensosialisasikan kegiatan yang akan mereka laksanakan.

“Nama Komunitas Quiqui ini berasal dari bahasa Bugis, dan berdiri pada September 2011 di Makassar,” ujar Dede dengan sangat akrab.

Awalnya, anggota Komunitas Quiqui hanya didominasi oleh kalangan ibu-ibu muda dan gadis remaja yang tertarik dengan komunitas ini. Namun berselang jalannya waktu, komunitas ini semakin menarik minat anak muda Makassar untuk bergabung, terlebih dengan berbagai kegiatan yang pernah dilakukan membuat komunitas ini makin eksis.

Selama empat tahun berturut-turut, komunitas Quiqui telah menggelar aksi “Bom Benang” sebagai respon terhadap isu-isu seputar ruang kota, penguatan komunitas dan warga, serta isu sosial lain yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari.

Pembuatan “Bom Benang” ini dimulai sejak 2012 lalu. Dan menurut pemberitaan dari beberapa media, kain rajut berukuran raksasa yang dibuat Komunitas Quiqui ini jika diurai, maka panjang benang setara dengan jarak Kota Makassar hingga Kabupaten Maros.

“Tahun 2016 ini kami akan menggelar Bom Benang lagi, untuk temanya sendiri, kami mengangkat tema Benang Kandung,” papar Dede.

adapada.com-image-profile-komunitas merajut quiqui seni merajut ala anak muda makassar

adapada.com – komunitas merajut quiqui seni merajut ala anak muda makassar

Saat ini Komunitas Quiqui membuka kursus atau kelas kerajinan gratis di Kampung Buku, Jalan Abdullah Daeng Sirua Nomor 192 E, Makassar. Quiqui sendiri merupakan komunitas yang bersifat cair dan terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung serta belajar bersama mengenai seni merajut yang juga bisa menghasilkan rupiah ini.

Bagi Sahabat yang tertarik dan ingin join bersama Komintas Quiqui ini, Sahabat bisa mencari info pada kontak di bawah. Selain itu, Sahabat juga bisa memantau kegiatan dari Komunitas Quiqui seperti info Piknik Bulanan atau jadwal Kelas Tangan Rajin dan Pasar Tangan Rajin yang diadakan oleh Komunitas Merajut Quiqui Makassar.

QUIQUI MAKASSAR
Email komunitasquiqui@gmail.com
Twitter @QuiQui_MKS
Fan Page Quiqui

RAHMAWATI S | ADAPADA.COM

|| http://adapada.com/profile/komunitas-merajut-quiqui-seni-merajut-ala-anak-muda-makassar/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *